Kamis, 24 Desember 2009

Antara Cita-cita, Usaha, dan Doa

Hai Sobat, kalian pasti semua punya cita-cita, kan? Nah, pertanyaannya apakah usaha kalian untuk mewujudkan cita-cita itu sudah cukup?

Cita-cita bisa diartikan sebagai harapan seseorang untuk memperoleh kehidupannya yang lebih baik. Cita-cita itupun bisa berupa pekerjaan misalnya menjadi dokter, polisi, pilot, dsb; memperoleh kekayaan ataupun punya prestasi di akademik maupun non akademik khususnya kita sebagai pelajar.

Kalian pasti tahu ungkapan, ”Dimana ada kemauan, pasti ada jalan”. Ungkapan ini penting untuk kalian ingat dan pahami maknanya untuk memotivasi menggapai cita-cita yang kalian dambakan. Sebagai contoh seseorang yang bercita-cita menjadi dokter, usahanya dapat kita lakukan mulai dari mengubah perilakunya yang tadinya malas menjadi giat belajar dan mau hidup sederhana demi cita-citanya itu.

Keterbatasan ekonomi kerap menjadi penghalang untuk mewujudkan cita-cita. Tapi, bagi mereka yang memiliki kemauan kuat, hambatan itu bukannya tidak bisa di atasi. Banyak kisah orang yang sukses meraih cita-citanya dengan semangat pantang menyerah dan hidup prihatin. Sambil bersekolah atau kuliah, mereka mau melakukan pekerjaan apa saja selama itu halal mulai dari berjualan koran, pelayan restoran, ataupun pedagang makanan. ”Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian” adalah ungkapan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki semangat juang seperti itu.

Bagi kalian yang memiliki prestasi belajar yang bagus, mencari beasiswa dapat dilakukan untuk mewujudkan cita-cita. Saat ini banyak sekali informasi tentang beasiswa tersedia di internet. Tinggal kita mau mencarinya dan kemudian berusaha mengajukan permohonan atau aplikasi.

Keberhasilan tidak akan kita peroleh apabila tidak dibarengi dengan doa dan hanya usaha saja yang kita lakoni. Karena doa merupakan salah satu kunci keberhasilan juga. Terpenting yang harus kita lakukan adalah meminta doa restu kedua orang tua karena doa orang tua pasti dikabulkan.

Jadi, untuk mendapatkan cita-cita yang kita inginkan kita harus berusaha dari sekarang dan berdoa kepada Tuhan niscaya cita-cita itu akan kita dapatkan. Tentunya dengan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan cita-cita itu karena dengan itulah kita dapat membahagiakan orang tua kita.

oo00oo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar